Etika Menulis Komentar

Etika Komentar

thanks to Kang Darin

Beberapa waktu yang lalu aku menulis mengenai komentar spam yang memang sedang membabi buta di blog ini. Ternyata setelah saya baca komentar teman-teman blogger di postingan tersebut, banyak juga yang kena serangan spammer yang berisi komentar yang sama. Sebelum membuat postingan tersebut saya sudah memprediksi bahwa jika benar-benar yang memberi komentar adalah human alias manusia asli dan bukan menggunakan robot, pasti komentar spam akan semakin menggila dan banyak. Ternyata benar!! Dalam sehari bisa hingga 20an komentar spam dan dari IP yg berbeda serta title yang berbeda. :Green-Lantern:

Entah kenapa ada orang yang mau nyepam kayak gitu. Mulai dari obat kuat, obat memperpanjang “belalai”, obat jerawat, dan masih banyak lagi. Apakah tidak terpikirkan bahwa itu bisa saja merugikan teman lainnya yang mempromosikan produk tsb tapi dengan cara yang positif. Kan kasihan kalau di blacklist di semua blog teman. Apa yang nyepam itu udah gak punya kemaluan yaa  :Thinking:

Dulu aku pernah membaca mengenai etika dalam berkomentar yang mungkin bisa dijadikan prinsip dalam memberikan komentar di blog orang lain. Berikut etika komentar di blog orang lain :

  1. Gunakan identitas yang jelas ketika berkomentar.
  2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada hubungannya dengan artikel yang akan kita komentari.
  3. Jangan berkomentar tanpa membaca posting.
  4. Jangan meninggalkan komentar pendek yang tidak bermutu seperti pertamax, nice info, artikel yang menarik, kunjungi link saya, dan sejenisnya.
  5. Sebisa mungkin tinggalkan komentar bermutu/positif apalagi untuk blog yang pertama kali anda kunjungi/komentari
  6. Jangan menulis komentar yang negatif baik terhadap pemilik blog maupun blogger lain yang meninggalkan komentar. Negatif boleh tapi merupakan komentar yang membangun / kritikan.

Mari kita semua bersama-sama meningkatkan etika komentar di blog orang lain. Seperti prinsip kuno : ANDA SOPAN, KAMIPUN SEGAN. ANDA TAK SOPAN, HAJAAARR!! #mdrcct

Go Go Blog!!!