Jangan Asal Copy Paste

Copy paste itu apa ya? Menurut saya sih copy paste itu adalah tindakan menyalin atau mengambil artikel/photo/tulisan dll dan kemudian mempublikasikan atau menyampaikan kembali tanpa mengedit dan tanpa seizin sumbernya (bener gak ya? hehe..). Atau mungkin teman blogger punya arti yg lebih valid? males buka wikipedia soalnya he..

Nah kemaren ada seorang temenku (atau malah dosenku ya? hehe..) yang memasang di status di FBnya gini :

http://www.cbramono.net/-> dicopy orang. Hmmm.. antara bangga dan menjengkelkan. Hahahaha…”

karena penasaran dan pengen tau bagian mana yang dicopas, langsung aja deh bales status dia di kolom komentar. Langsung di balas ma dia dan diberi link antara artikel dia dengan artikel blog lain yang mengcopas. Dan ini dia screenshootnya. Klik aja untuk memperbesar :D

Yang Asli

Gambar tersebut diambil dari blognya temenku. Nah coba dibandingkan dengan gambar blog orang laen ini yang mengcopas dibawah ini. Silahkan temukan 10 persamaan dalam gambar berikut (just kidding) hehehe..

Blog Copas

Sama persis bukan? Mulai dari kata², photo, tulisan dan lain² hehe… Sempet saya cek url photonya, ternyata photo juga diambil langsung blognya dosen saya.. (nyedot bandwith termasuk pencurian gak ya? hehe…). Dosen saya sih gak marah artikelnya dicopas, malah seneng photo istrinya jadi model di blog orang lain. Tapi yg dia sesalkan knp gak ijin dulu.. Kan kalau ijin pasti juga dibolehkan hehe..

Nahhh.. tadi pas iseng² blogwalking nemuin sebuah situs yang mengkampanyekan anti copas. Nih dia copy paste dari blog beliau (jiplak juga tanpa edit hehe…)

Jangan Asal Copy Paste/ JACP adalah sebuah ajakan moral untuk menghargai hasil karya para blogger, karena apapun isinya, apapun wujudnya, blog adalah juga sebuah hasil karya cipta. Kampanye ini terinspirasi dari beberapa kasus penjiplakan dan pembajakan materi blog yang juga pernah saya alami sendiri beberapa waktu silam.

Jika anda merasa se ide, silahkan bergabung dengan cara:

1. Ikut menyebarkan pesan singkat berikut ini di blog anda:

JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal. Hitung-hitung bersilaturahmi dan memperluas pergaulan, bukan?

2. Ikut memasang link berikut ini di blog anda (Jika berkenan. Tidak ada kewajiban kok.. :) ):

http://anotherfool.wordpress.com/jacp/

3. Memasang salah satu gambar/logo berikut ini bersama dengan link di atas (lagi-lagi tidak ada kewajiban. Tidak di link juga tidak apa-apa :) )

Jangan Asal Copy paste

Saya merasa seide makanya saya juga bergabung dan mengkampanyekan Gerakan Anti Copy Paste. Menurut aku sih siapa saja boleh copy paste satu atau seluruh isi blog ini, yang penting minta ijin dulu dan beri sumbernya (etika copas standar hehe..). Atau mungkin bisa copy, trus edit aja pake kata² sendiri meskipun sebenarnya isinya mengarah ke hal sama, yang penting itu kan hasil karya penulisan teman² sendiri. Setuju??? Pokoknya Go Go Blogging