Pembaruan Pencarian Google

Pembaruan Pencarian Google

Blog sederhana ini dulu indeksnya mencapai 80.000 an. Tapi tejak musim pembabatan blog AGC dan indeks STT, indeks blog ini juga turun drastis menjadi 40.000 an. Nah sejak awal Maret 2012 indeks blog ini juga naik turun, kadang 17 ribuan tapi kadang juga bisa 4 ribuan. Sempat berpikir apakah blog ini kena google dance atau kena hantaman kungfu panda atau yang lainnya, tapi setelah googling sana-sini akhirnya aku menemukan sebuah jawaban.

Menurut informasi yang aku baca di Blog Official Google Search, ternyata memang pada 27 Februari 2012 lalu, google melakukan 40 pembaruan pencarian google termasuk peningkatan algoritma google panda yang telah memasuki versi 3.3. Ternyata karena pembaruan pencarian google inilah yang menyebabkan indeks blog ini juga turun banyak dibandingkan sebelumnya. Ini dia beberapa rangkuman apa saja yang pembaruan yang dilakukan google :

  • Pembaruan Google Panda ke rilis 3.3
    Dikatakan bahwa Google telah melakukan pembaruan data sistem Panda sehingga hasil pencarian jadi lebih akurat dan tepat seiring dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam web.
  • Mengevaluasi berbagai tautan (links)
    Google mengganti bagaimana cara mereka mengevaluasi link yang telah mereka gunakan selama bertahun-tahun. Mereka membuat arsitek baru untuk membuat sistem mereka jadi lebih mudah dipelihara, rapih, dan mudah dimengerti.
  • Local Search Rankings
    Google mengatakan bahwa alogaritma tradisional sekarang memegang peranan penting dalam pencarian lokal. Ini terkait dengan pencarian yang dilakukan di kota pengguna yang bersangkutan.
  • Updates Google lainnya
    - Akurasi lebih baik pada pendeteksian halaman resmi
    - Expansi index gambar pada pencarian universal
    - Pembaruan permintaaan terhadap “Site:”

sedangkan buat teman-teman blogger yang ingin membaca lebih detail tentang 40 perubahan yang terjadi hasil pencarian google bisa langsung menuju ke Blog Official Google Search.

Lalu apa akibat dari pembaruan pencarian google dan juga update algoritma google panda pada blog kita? Menurut yang aku baca sih biasanya indeks naik turun, Pagerank bisa drop / turun. hasil SERP untuk yang sedang mengikuti kontes SEO juga menjadi acak-acakan. Apalagi katanya Google akan lebih galak kepada blog yang isinya sering untuk kontes SEO. Apakah ini benar-benar menjadi titik kemunduran kontes SEO yaa?? Who knows hehehe…

Pokoknya tetap nulis dan ngeblog aja! GO GO blog!!