Beberapa Alasan Mengapa Masyarakat Lebih Tertarik Membeli Rumah Di Komplek Perumahan

By On Tuesday, April 5th, 2016 Categories : Berita

Beberapa Alasan Mengapa Masyarakat Lebih Tertarik Membeli Rumah Di Komplek Perumahan

Bagi pasangan yang baru menikah tentu keinginan segera memiliki buah hati dan rumah adalah impian yang sangat didambakan. Mencari dan beli rumah bukanlah proses yang mudah. Selain karenya menyangkut soal financial beberapa faktor termasuk kenyamanan menjadi salah satu pertimbangannya. Seorang arsitek bernama Probo Hindarto bahkan berpendapat bahwa ada banyak cara memiliki rumah, misalnya membeli rumah sudah jadi atau membangun sendiri, membeli rumah di perkotaan maupun pedesaan, membeli rumah di perumahan atau membeli tanah untuk dibangun. Masing-masing pasti memiliki plus minusnya.

Sekarang ini masyarakat kita lebih tertarik untuk membeli rumah di komplek perumahan selain karena pembayaran tunai faktor kemudahan kredit dari berbagai bank juga menjadi salah satu nilai tambah bagi calon pemilik rumah. Faktor lain yang juga menjadi alasan mengapa membeli rumah di komplek perumahan lebih diminati karena bangunan rumah lebih tertata sehingga terlihat lebih rapi. Akses jalan yang mudah dan baik. Lokasi perumahan biasanya sudah dipilih dan dirancang sedemikian rupa terutama untuk mengantisipasi lebar jalan dan pengaturan petak kavling.

Adapaun hal-hal yang perlu diperhatikan jika anda tertarik untuk membeli rumah di perumahan yaitu pertama, melakukan survei terlebih dahulu. baik itu dari segi arah rumah agar matahari mudah masuk maupun posisi rumah dalam komplek. Kedua, kondisi kemanan. Pastikan perumahan yang anda pilih memiliki fasilitas seperti stapam dan CCTV. Ketiga, status rumah. Biasanya pihak developer (pengembang) menyediakan dua pilihan, siap huni atau inden (pembelian dengan cara memesan atau membayar terlebih dahulu). Keempat, harga. Anda harus teliti dan menanyakan apakah harga rumah sudah termasuk dengan PPN, AJB (Akta Jual Beli), BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah) dan biaya KPR. Kelima, garansi kerusakan. Garansi ini biasanya diberikan selama 3 bulan. Anda sesekali perlu mengecek keadaan rumah dan gunakan kesempatan selama 3 bulan tersebut untuk perbaikan gratis apabila rumah bocor, retak-retak atau ada kerusakan lainnya.

Beberapa Alasan Mengapa Masyarakat Lebih Tertarik Membeli Rumah Di Komplek Perumahan | Tomi Purba | 4.5