Ini Dia Perumahan Syariah di Sekitaran Jakarta

By On Friday, July 22nd, 2016 Categories : Berita

rumah syariahIndonesia yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam menjadikan negara ini merupakan ladang besar bagi para pengembang properti untuk membangun perumahan berkonsep Syariah atau islami.

Pembangunan perumahan berkonsep islami sendiri berdasarkan beberapa faktor. Faktor utamanya adalah pembayaran yang tanpa riba. Dengan kata lain, pembayaran melalui sistem kredit tidak akan menggunakan sistem riba. Sehingga masyarakat islami akan lebih nyaman dalam membayar harga jual rumah.

Selain itu, perumahan berkonsep islami biasanya akan memiliki fasilitas islami pula. Tempat ibadah seperti masjid diprioritaskan dan juga biasanya akan dibangun fasilitas lain yang tetap menganut unsur islami.

Banyak masyarakat yang kemudian mencari perumahan Syariah. Dan beberapa perumahan Syariah membanderol harga rumahnya dengan harga yang relatif miring, yaitu di bawah harga Rp 400 juta.

Seperti Afara F1rst misalnya, perumahan yang terletak di Jalan Haji Aspriya, Karadenan, Cibinong, memiliki dua tipe bangunan rumah. Tipe bangunan dengan luas 38 meter persegi dan memiliki luas 72 meter persegi misalnya, dibanderol dengan harga Rp 325 juta. Sementara, tipe rumah dengan luas bangunan 45 meter persegi dan luas tanah 72 meter persegi berharga Rp 370 juta.

Perumahan ini sendiri mengklaim dikhususkan untuk Muslim karena menggunakan transaksi tanpa riba. Cicilan perumahan langsung dibayarkan kepada pengembang tanpa melalui bank. Pembayaran juga tidak melalui BI checking, tidak ada asuransi, tanpa bunga, tanpa sita, dan juga denda. Selain itu, perumahan ini lebih mengutamakan musyawarah dalam melakukan penyelesaian masalah.

Perumahan ini juga menawarkan uang muka yang dimulai dari 10, 15, 20, hingga 30 persen.

Sementara itu di daerah Pamulang, Tangerang Selatan ada perumahan Rani Residence. Hal yang sama juga diterapkan di perumahan ini. Sistem tanpa riba dan tanpa bank ditawarkan untuk proses pembayarannya.

Tipe bangunan yang terkecil, luas bangunan 36 meter persegi dan luas 60 meter persegi, dibanderol dengan harga Rp 335 juta rupiah. Pembayaran juga dilakukan tanpa bunga, denda, sita, dan juga tanpa BI checking.

Perumahan serupa juga terdapat di Cilebut, Bogor. Di kawasan yang mulai tumbuh ini terdapat perumahan Cilap Cilebut yang mengusung konsep Syariah. Perumahan ini juga tidak melibatkan bank dalam transaksi jual beli rumah. Salah satu rumah yang dijual adalah rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi dan luas tanah 72 meter persegi. Rumah tersebut ditawarkan dengan harga Rp 350 juta.

Ini Dia Perumahan Syariah di Sekitaran Jakarta | Tomi Purba | 4.5