Ini Dia Tips dalam Memilih Gitar Listrik yang Bagus dan Berkualitas

By On Thursday, March 2nd, 2017 Categories : Personal

jenis gitarGitar merupakan salah satu jenis alat musik yang paling mudah untuk dimainkan sebab terbukti banyak orang yang berminat memainkannya dan bahkan saat ini bukan hanya kaum laki-laki saja yang mahir menggunakan atau memainkan gitar namun juga para perempuan sudah banyak yang bisa lebih jago dalam memainkan alat musik yang satu ini. Seperti yang kita ketahui bahwa gitar dibagi menjadi dua macam yakni gitar akustik dan gitar listrik.

Bagi sebagian orang yang sudah ahli dalam memainkan gitar maka banyak yang pada akhirnya lebih memilih untuk membeli atau memiliki gitar listrik. Sebab ini merupakan pilihan bagi kebanyakan orang dalam memilih gitar, karena yang listrik biasanya memiliki beberapa fitur yang lebih kekinian jika dibandingkan dengan yang akustik dan kebanyakan orang memang belajar bermain gitar dari gitar akustik terlebih dahulu. Barulah setelah mahir akan memilih untuk menggunakan arus listrik dalam menggunakannya, sebab dirasa lebih bisa memiliki suara yang atau nada yang lebih bagus untuk dimainkan dan dengungannya pun pastinya lebih besar sebab bisa disambungkan ke sound.

Bila Anda saat ini sedang mencari gitar yang cara dimainkannya menggunakan arus listrik maka sebaiknya mempertimbangkan dalam pemilihannya yakni sebagai berikut:

 

  1. Jenis kayu,

Sudah Anda ketahui bahwa komponen kayu dalam gitar terdiri dari neck dan juga body. Pastikan Anda memilih gitar yang terbuat dari kayu yang sangat bagus dan dirasa akan lebih tahan lama, sebab kualitas gitar memang bisa juga dilihat dari kayu pembuatnya dan itu akan menentukan suara gitar juga tentunya. Semakin bagus kayu maka tampilan gitar pun akan semakin bagus dan enak dipandang, dan semakin kuat kayu yang ada pada body gitar tersebut sudah pasti akan membuat gitar lebih tahan lama.

  1. Stang gitar,

Ini menjadi pertimbangan penting sebab akan mempengaruhi kualitas nada yang dihasilkan pula. Sebab stang gitar sudah pasti disesuaikan dengan standar pembuatan gitar. Pastikan stang yang Anda pilih lurus dan tidak bengkok. Sebab jika bengkok akan mempengaruhi nadanya. Ini dapat dilihat atau diperhatikan dari fret nya jika memang ada beberapa fret yang menempel yakni untuk fret dengan nomor 5, 6, 7, dan juga 8 maka dapat dipastikan stang gitar tersebut tidak lurus. Anda juga bisa mencari tahu bagaimana cara untuk melihat apakah fret tersebut lurus atau tidak.

  1. Jarak fret dan senar,

Pilihlah jarak fret dan senar yang sesuai, misalnya disesuaikan dengan kenyamanan Anda dalam menggunakannya atau bisa dicoba dengan menggenggam nya sebab jari setiap orang tentu berbeda-beda besarnya dan juga itu akan mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan gitar. Untuk itu mencobanya lebih dulu jika memang diperbolehkan adalah hal yang wajar.

  1. Intonasi dan bridge,

Pilihlah gitar yang memiliki intonasi tepat. Sebab ada saja beberapa gitar yang memang dari segi intonasi tidak sesuai atau bisa dikatakan false suara dan nada yang dihasilkan. Sebagai pengguna gitar yang bukan pemula maka pastinya Anda bisa membedakan bagaimana nada gitar yang sumbang atau false dan tidak. Sebab gitar listrik pastinya akan sangat tidak enak jika terdengar sumbang nadanya, dan jangan lupa pilih juga gitar yang memiliki pemasangan bridge yang mudah sehingga Anda bisa melakukan pemasangan senar oleh Anda sendiri.

Ini Dia Tips dalam Memilih Gitar Listrik yang Bagus dan Berkualitas | Tomi Purba | 4.5