Perhatikan Beberapa Hal Ini Agar Mendapatkan Manfaat Asuransi Jiwa dengan Maksimal

By On Friday, August 9th, 2019 Categories : Berita

Jumlah perusahaan asuransi swasta yang ada di dalam negeri semakin lama semakin mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Sejalan dengan banyaknya masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya produk asuransi tersebut dan memutuskan untuk menggunakannya. Apalagi asuransi jiwa ini sama pentingnya dengan produk asuransi kesehatan. Manfaat asuransi jiwa yang diberikan juga tak sekedar untuk diri sendiri, melainkan juga bermanfaat bagi keluarga.

Pada dasarnya semua orang memang butuh asuransi jiwa, namun dalam intensitas yang berbeda-beda. Diantara kalangan yang paling membutuhkan perlindungan dari asuransi jiwa ini sendiri adalah mereka yang berperan sebagai tulang punggung keluarga. Dengan pertimbangan jika seandainya meninggal dunia dan kondisi anak masih kecil, butuh sekolah dan sebagainya, sementara istri hanya seorang ibu rumah tangga biasa. Maka nantinya kehidupan keuangan mereka tidak akan terguncang mendadak, melainkan masih ada uang asuransi yang dapat dipakai untuk melanjutkan hidupnya.

Hanya saja juga tidak bisa dipungkiri juga jika seandainya pemegang polis ini sepenuhnya akan merasakan manfaat yang ditawarkan oleh asuransi tersebut. Mengingat banyak diantaranya yang tidak merasakan manfaat, dengan alasan sulitnya mengajukan klaim, perusahaan bangkrut dan yang lainnya. Hal ini tak lain disebabkan oleh kesalahan di dalam membeli asuransi. Untuk itu hendaknya hindari beberapa jenis kesalahan ini ketika Anda membeli produk asuransi, diantaranya adalah:

  1. Tidak menentukan secara tepat jumlah uang pertanggungjawaban, ini adalah kesalahan yang paling umum terjadi, dimana tertanggung hanya secara asal dalam memilih jumlah uang pertanggungan, padahal untuk beberapa tahun kedepan bisa jadi nilai tersebut tidak cukup untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, mengingat pada dasarnya jumlah kebutuhan yang selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.
  2. Hanya fokus di investasinya saja, bukan proteksi diri, salah satu produk asuransi jiwa yang ditawarkan dengan investasi dikenal juga dengan asuransi jiwa unit link. Dimana produk ini memang memberikan manfaat ganda antara proteksi dan juga investasi. Namun ketika nasabah hanya fokus di investasinya saja, kelak ketika membutuhkan pertanggungan dari asuransi juga tidak akan mencukupi kebutuhan bukan, hasilnya kurang begitu optimal.
  3. Salah dalam memilih perusahaan penerbit, ini adalah kesalahan fatal, karena banyak diantara perusahaan asuransi yang nyatanya tidak bisa bertahan lama, karena kalah bersaing dengan yang lain membuat kesehatan keuangan mereka juga turun, bahkan sering kali bangkrut. Jika sudah demikian maka nasabah yang akan terkena imbasnya, dimana mereka tidak bisa mendapatkan uang pertanggungan, bahkan uang premi yang selama ini dibayarkan juga ikut hangus.
  4. Tidak membaca ketentuan yang ada di dalam polis secara menyeluruh, memang ada banyak sekali isi klausal yang ada dalam polis asuransi ini. bagi yang masih awam mungkin belum mengerti sehingga harus bertanya, karena jika malu bertanya akan sesat di jalan. Namun kebanyakan juga tidak melakukannya, bahkan jarang sekali yang membaca isi polis secara menyeluruh, akibatnya mereka sendiri yang rugi karena tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

Patut untuk dihindari jika tidak ingin rugi setelah membeli produk asuransi tersebut. Pilih yang terbaik sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan manfaat asuransi jiwa tersebut secara optimal. Ingat bahwa ini bukan hanya untuk diri Anda sendiri, melainkan lebih kepada keluarga tercinta di rumah, karena merekalah yang nantinya akan menikmati uang asuransi tersebut.

 

Perhatikan Beberapa Hal Ini Agar Mendapatkan Manfaat Asuransi Jiwa dengan Maksimal | Tomi Purba | 4.5