Mau Pinjam Dana untuk Bisnis? Pertimbangkan Dulu Hal-hal Ini

By On Tuesday, December 3rd, 2019 Categories : Blog

Layanan pinjaman modal usaha kini banyak digunakan bagi mereka yang ingin merintis bisnis dalam waktu dekat. Pinjaman modal merupakan salah satu suntikan dana yang diberikan oleh suatu lembaga kepada perorangan maupun badan usaha dengan jumlah nominal tertentu. Seiring berjalannya waktu, pinjaman modal kini bisa diakses secara mudah tanpa harus keluar rumah dengan adanya pinjaman online.

Pinjaman modal usaha tentu saja memiliki banyak manfaat untuk bisnis, diantaranya membantu perusahaan melakukan inovasi, melancarkan kegiatan operasional perusahaan perusahaan, membuat bisnis menjadi lebih berkemban, melakukan promosi lebih baik, membantu perawatan peralatan perusahaan, arus kas menjadi lancar, dan lain-lain.

Untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa menggunakan berbagai tipe pinjaman disesuaikan dengan kebutuhan, seperti Pinjaman Dana dengan Agunan, Pinjaman Dana Tanpa Agunan, Pinjaman Dana Tunai untuk Usaha, Pinjaman Online, dan Pinjaman Dana Tunai Koperasi.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan pinjaman online untuk modal usaha, Anda perlu mengetahui beberapa pertimbangannya, diantaranya memperhitungkan penghasilan, mengetahui besaran bunga, memilih masa tenor/jangka pinjaman, memilih lembaga pemberi pinjaman yang kredibel, dan masih banyak lagi.

Waktu yang tepat untuk melakukan pinjaman modal usaha juga harus Anda ketahui. Anda bisa meminjamnya saat hendak membuka usaha, saat perusahaan terlilit utang, meningkatkan produksi, memperluas usaha, dan lain sebagainya. Namun, jangan pernah mengajukan pinjaman dana saat Anda masih memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan perusahaan, utang yang masih menumpuk, dan lain sebagainya.

Untuk menentukan jumlah pinjaman secara tepat, Anda harus mengetahui apa saja kebutuhan yang diperlukan untuk bisnis Anda, misalnya dengan membuat list kebutuhan biaya produksi, biaya operasional perusahaan, biaya promosi, dan masih banyak lagi.

Sebelum mengajukan pinjaman modal usaha, sebaiknya persiapkan dulu beberapa dokumen pentingnya, baik itu untuk pinjaman Bank maupun Fintech. Untuk Bank, dokumen yang perlu disiapkan yaitu fotokopi KTP, Kartu Keluarga, buku tabungan, slip gaji, akta nikah, NPWP, SKU (SIUP/SITU/TDP), dan dokumen kepemilikan agunan. Sedangkan untuk pinjaman online fintech, Anda cukup menyiapkan e-KTP saja.

Kelebihan dan kekurangan dari masing-masing penyedia jasa pinjaman tersebut tentu saja beragam, yaitu sebagai berikut.

  1. Fintech
  1. Kelebihan dana cepat cair, proses pengajuan pinjaman online lebih cepat, persyaratan tidak ribet.
  2. Kekurangan: besaran pinjaman terbatas, sistem bunga harian, masa tenor singkat, mengalami kerugian (fintech ilegal).
  1. Bank
  1. Kelebihan: besaran bunga yang jelas, pembayaran pinjaman bisa diprediksi, lebih aman, tipe pinjaman yang bervariasi.
  2. Kekurangan: proses lebih rumit, persyaratan lebih ketat, aset disita jika tidak ada pelunasan, denda jika pelunasan dilakukan lebih awal.

Jika masih bingung akan menggunakan layanan pinjaman modal usaha apa untuk bisnis Anda, Anda bisa menggunakan layanan Kredit Aspire. Aspire merupakan salah satu aplikasi kredit bisnis yang menyediakan pendanaan bagi para pelaku UMKM dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, diantaranya proses pengajuan yang cepat, area cakupan seluruh Indonesia, tidak perlu datang ke kantor, bunga mulai dari 0%, dan pembayaran yang transparan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih masa tenor yang diinginkan sesuai kebutuhan, seperti fitur Tarik Tunai untuk penggunaan tanpa agunan, fitur Bayar Nanti untuk membayar di muka pembelian persediaan, biaya pemasaran dan sejenisnya, dan fitur Minta Pembayaran untuk penyelesaian tagihan pembayaran dari klien.

Untuk bisnis online, Anda cukup menyertakan URL menuju toko e-commerce tempat Anda berjualan, sedangkan untuk bisnis non-online, Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), Izin Usaha Industri (IUI), dan Akta Pendirian Usaha (APU).

Dengan adanya Aspire, tentu saja bisnis Anda akan menjadi selangkah lebih mudah. Tunggu apalagi? Segera ajukan pinjaman dana untuk bisnis Anda!

Mau Pinjam Dana untuk Bisnis? Pertimbangkan Dulu Hal-hal Ini | Tomi Purba | 4.5